Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Di OPPO, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan Realme

By | 18 March 2023

Ketuk layar 2 kali atau double tap to wake adalah fitur yang sangat membantu bagi pengguna smartphone. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat dengan mudah memeriksa notifikasi atau membuka layar hanya dengan mengetuk dua kali pada layar.

Fitur ini cukup populer dan tersedia di berbagai merek smartphone. Namun, beberapa pengguna mungkin belum tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini di smartphone mereka.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali di OPPO, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan Realme.

1. Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di OPPO

OPPO adalah salah satu merek smartphone yang sudah memperkenalkan fitur ketuk layar 2 kali. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini di smartphone OPPO:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Opções de acessibilidade
  3. Gulir ke bawah dan pilih “Gestos e movimentos”
  4. Aktifkan opsi “Ativar ao tocar duas vezes”

Setelah mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah membuka layar smartphone OPPO dengan mengetuk dua kali pada layar.

2. Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Samsung

Samsung juga telah memperkenalkan fitur ketuk layar 2 kali di smartphone mereka. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini di smartphone Samsung:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih “Tela”
  3. Gulir ke bawah dan pilih “Toque para acordar”
  4. Aktifkan opsi “Toque duas vezes”

Setelah mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah membuka layar smartphone Samsung dengan mengetuk dua kali pada layar.

3. Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Vivo

Vivo juga menyediakan fitur ketuk layar 2 kali di smartphone mereka. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini di smartphone Vivo:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih “Smart motion”
  3. Aktifkan opsi “Toque duas vezes para acordar”

Setelah mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah membuka layar smartphone Vivo dengan mengetuk dua kali pada layar.

4. Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Xiaomi

Xiaomi adalah merek smartphone lain yang menyediakan fitur ketuk layar 2 kali. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini di smartphone Xiaomi:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih “Pantalla de bloqueo e contraseña”
  3. Aktifkan opsi “Ativar toque duas vezes para acordar”

5. Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Realme

Realme juga telah memperkenalkan fitur ketuk layar 2 kali di smartphone mereka. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini di smartphone Realme:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih “Opções de acessibilidade”
  3. Pilih “Toque duas vezes para acordar”
  4. Aktifkan opsi “Ativar toque duas vezes para acordar”

Setelah mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah membuka layar smartphone Realme dengan mengetuk dua kali pada layar.

6. Keuntungan Menggunakan Fitur Ketuk Layar 2 Kali

Mengaktifkan fitur ketuk layar 2 kali pada smartphone Anda dapat memberikan beberapa keuntungan, seperti:

  1. Mempermudah untuk membuka layar smartphone tanpa harus mencari tombol power.
  2. Meminimalisir risiko kerusakan pada tombol power karena penggunaan yang berlebihan.
  3. Memberikan kemudahan dalam memeriksa notifikasi dengan cepat.
  4. Fitur ini dapat membantu menghemat daya baterai pada smartphone.

FAQ

  1. Apa yang harus dilakukan jika fitur ketuk layar 2 kali tidak bekerja di smartphone saya? Jawaban: Pastikan fitur ini telah diaktifkan pada pengaturan smartphone Anda. Jika masih tidak bekerja, Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali fitur ini atau menghubungi layanan pelanggan dari merek smartphone Anda.
  2. Apakah semua merek smartphone mendukung fitur ketuk layar 2 kali? Jawaban: Tidak semua merek smartphone mendukung fitur ini. Namun, banyak merek smartphone saat ini telah memperkenalkan fitur ini pada smartphone mereka.
  3. Apakah fitur ketuk layar 2 kali dapat membahayakan layar smartphone? Jawaban: Tidak, fitur ini tidak membahayakan layar smartphone. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat mempercepat kerusakan pada layar smartphone.
  4. Bagaimana cara menonaktifkan fitur ketuk layar 2 kali di smartphone saya? Jawaban: Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk mengaktifkan fitur ini dan mematikan opsi “Toque duas vezes” atau “Ativar toque duas vezes untuk acordar”.
  5. Apakah fitur ketuk layar 2 kali hanya tersedia untuk smartphone yang telah diupdate ke sistem operasi terbaru? Jawaban: Tidak, fitur ini biasanya telah tersedia pada smartphone sejak diperkenalkan pada sistem operasi yang lebih lama. Namun, pengaturan mungkin sedikit berbeda tergantung pada merek dan model smartphone Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *