Jadwal dan Langkah-Langkah Pembayaran Google AdSense

By | 28 December 2021

Untuk mendapatkan pembayaran Google AdSense ada banyak hal yang penting untuk diketahui. Dua di antaranya ialah jadwal dan langkah-langkah pembayarannya. Google AdSense  memiliki beberapa ketentuan untuk jadwal dan cara kerja pencairan dananya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kedua hal tersebut, ikuti ulasan ini dan simak baik-baik.

Sebelum mengetahui jadwal dan langkah-langkah pembayaran Google AdSense sebaiknya pembaca mengetahui syarat menerima pembayaran berikut ini. Pembaca harus sudah melakukan verifikasi PIN Google AdSense. Minimal nominal pembayaran yang harus dicapai ialah Rp 1.300.000. Selain itu, pembaca harus sudah memilih metode pembayaran dan melakukan verifikasi.

Jadwal Pembayaran Google AdSense

Siklus pembayaran untuk Google AdSense ialah bulanan. Pembaca bisa mengumpulkan penghasilan selama 1 bulan penuh. Pada awal bulan berikutnya penghasilan pembaca akan diakumulasi dan ditetapkan oleh pihak Google AdSense. Jumlah penghasilan yang telah ditetapkan akan diposting ke saldo dalam halaman pembayaran.

Untuk saldo penghasilan yang sudah mencapai jumlah minimal dan tidak mengajukan penundaan pencairan sebelumnya, maka bisa mencairkan penghasilannya. Proses pencairan dana ini dilakukan mulai dari tanggal 21 sampai 26 bulan berikutnya setelah pengumpulan penghasilan. Pembayaran hanya akan bergeser dari rentang waktu tersebut jika terdapat tanggal merah.

Sementara untuk penghasilan Google AdSense hasil dari YouTube memiliki tanggal pencairannya sendiri. Pembaca sebagai kreator Youtube bisa mencairkan penghasilannya dengan ketentuan yang sama. Namun, untuk tanggal dilakukannya pembayaran jatuh pada tanggal 7 dan 12 per bulannya.

Langkah-Langkah Pembayaran Google AdSense

Ada beberapa langkah-langkah yang harus pembaca lakukan untuk mencairkan penghasilan Google AdSense. Baik pembaca ialah kreator baru atau lama, sebaiknya ketahui langkah-langkah berikut dengan baik.

1. Informasikan Data Pajak

Untuk bisa menerima pencairan penghasilan dari konten yang dibuat, pembaca sebagai kreator harus menginformasikan beberapa informasi pribadi. Salah satunya yakni informasi mengenai data pembayaran pajak. Ketentuan ini ditetapkan oleh Google AdSense untuk semua kreator di seluruh dunia. Termasuk dengan monetisasi YouTube, informasi pajak perlu disertakan dengan detail.

2. Lakukan Konfirmasi Informasi Data Diri

PIN yang dikirimkan oleh Google AdSense berguna untuk mengkonfirmasi alamat dan informasi data diri lain dari pembaca. Setelah mendapatkan PIN yang dikirimkan melalui pos ke alamat rumah yang didaftarkan, segera masukkan PIN untuk memverifikasi informasi data diri. Jangan ajukan verifikasi dengan PIN ini terlalu lama.

PIN yang akan dikirim ke alamat rumah pembaca memerlukan beberapa waktu untuk sampai. Rata-rata kreator baru mendapatkan surat berisi PIN dari Google AdSense ini setelah 2 sampai 3 minggu pengajuan. Semakin lama verifikasi PIN, maka akan semakin lama juga penghasilan Google AdSense pembaca bisa dicairkan.

3. Pilih Metode Pembayaran

Setelah jumlah penghasilan pembaca mencapai jumlah minimal pencairan, pembaca bisa memilih metode pembayaran yang akan digunakan. Ada banyak pilihan untuk metode pembayaran. Pembaca bisa memilih transfer dana elektronik, transfer bank, dan masih banyak lainnya. Pastikan untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan rekening atau dompet elektronik yang dimiliki pembaca.

4. Penuhi Jumlah Minimal Pencairan Penghasilan

Langkah terakhir untuk mencairkan penghasilan Google AdSense pembaca ialah dengan memenuhi jumlah minimal pencairan. Setiap negara tentu memiliki jumlah minimalnya masing-masing. Untuk Indonesia, jumlah minimal yang ditetapkan adalah Rp 1.300.000. Usahakan untuk mengumpulkan penghasilan dengan maksimal sampai akhir bulan.

Penghasilan yang didapatkan di awal bulan berikutnya tidak bisa dicairkan pada tanggal yang sama dengan jadwal pencairan penghasilan bulan sebelumnya. Pembaca perlu mengingat bahwa setiap awal bulan berarti sudah memasuki proses pembayaran bulan sebelumnya agar tidak salah hitung.

Baca Juga: Mengapa Situs Tidak Dapat Dijangkau AdSense? Cek Solusinya Di sini!

Demikian jadwal dan langkah-langkah pembayaran Google AdSense yang sebaiknya pengguna ketahui. Buat konten sekreatif mungkin dan kumpulkan penghasilan dengan maksimal. Semoga informasi di atas memberi manfaat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *